RAIHAN = BASIL = SELASIH

Raihan/selasih adalah tanaman bermanfaat , sehingga tanaman  ini seringkali disebut Tanaman serbaguna. Kandungan yang ada dalam tanaman  selasih  bereffects pada penurunan stres. Unsur fitokimia  yang  dipunyai selasih sangat banyak. di seluruh Tanaman mengandung minyak menguap yang terdiri dari ocimene, alpa-pipene, cineole Eucalyptole, linalool, geraniol, methylchavicol, eugenole,  dan lainnya  sedangkan bijinya Mengandung planteose,  asam lemak  yaitu asam palmitat,  oleat,  stearat,  dan  linoleat.

Ahli  tanaman  obat  dari  Malang,  Ir. Wahyu Suprapto,  selasih  mengandung  minyak Atsiri atau di kenal juga dengan nama basil oil, sehingga  tidak boleh digunakan oleh Penderita rhematik karena  bisa menimbulkan nyeri. Yang menonjol,  katanya, adalah Kandungan  zat basilicin  yang dibutuhkan tubuh  untuk  mempertahankan  vitamin, C Vitamin ini penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan tubuh manusia.

Minyak atsiri yang dihasilkan dari selasih  bisa digunakan sebagai  bahan alami Pembuatan  parfum,  shampo,  dan aroma terapi. Selain itu di berbagai  negara Termasuk Indonesia, selasih memiliki manfaat tradisional mengobati  berbagai Macam penyakit.selasih dapat sebagai penurun gula darah ada berbagai  jenis Penyakit lain yang sanggup dihadapi selasih. Seluruh khasiat pada tananaman Ini bisa merangsang penyerapan (absorpsi) seluruh keringat (diaporetik) peluruh kencing (diuretik), menghilangkan sakit (analgesik) Melancarkan  peredaran  darah  dan membersihkan  racun

Kemampuan lainnya yakni membunuh kuman (antiseptik),  peluruh angin (carminativa) Mematangkan bisul (maturativa), radang lambung,  pencahar,  TBC, dan  menghentikan Kegugupan. Teh daun selasih biasa diminum untuk menyembuhkan segala jenis batuk, Demam malaria, gangguan pencernaan,  sembelit, panas dalam,  tak  enak badan,  dan Penambah   nafsu  makan.  Baik  pula  untuk  gangguan  pernapasan,  mual,  nyeri  haid Pengobatan pascapersalinan, pembersih dan penguat jantung. Bijinya bermanfaat juga untuk pelembut kulit.

Penelitian secara  acak  pada  tahun 1996  menunjukkan  adanya  penurunan  kadar Gula  darah.  Puasa  dan  setelah  makan  yang   bermakna,  pada  pasien DM Menurut riset yang  di lakukan pada tikus, kandungan  ethanol dalam  bunga selasih Berkhasiat menurunkan  kadar jenis gula darah.  Temuan lain  yang  mengagumkan Ternyata selasih mampu  melindungi  jaringan  dalam  tubuh dari  kerusakan  akibat Radiasi. di Indonesia sebenarnya selasih juga  sudah lama digunakan dan  di olah Menjadi bahan untuk resep kesehatan.  Ahli pengobatan  tradisional dan akupunktur Prof. Hembing,  mengatakan  selasih mempunyai  banyak khasiat  untuk  mengatasi Menjaga kesehatan tubuh dan untuk membuat minuman